Senin, 10 Januari 2011

Manajemen Diri

MANAJEMEN DIRI

Pada kesempatan kali ini saya kembali menulis pengertian dari Manajemen Diri. Menurut saya pribadi manajemen diri adalah orang yang mampu untuk mengurus dirinya sendiri. Setiap individu harus mampu belajar memanej dirinya sendiri. Ketika individu mencoba memanej dirinya proses kedewasaan terjadi tanpa disadari. Tidak semua individu mampu memanej dirinya, karena memanej diri sendiri tidaklah mudah. Manajemen diri teramat penting untuk menunjang aktivitas dalam kehidupan dan pada dasarnya setiap individu memnpunya tujuan hidup. Tujuan hidup setiap individu sangatlah berbeda. Individu mempunyai pandangan masing – masing tentang kehidupan. Secara pribadi setiap orang bila ingin sukses dalam segala aspek peran hidupnya perlu memiliki keterampilan manajemen diri yang baik.
Dalam manajemen diri terdapat beberapa cakupan dan point – point antara lain : manajemen waktu, manajemen keuangan, dan manajemen SDM ( sumber daya manusia ).
·        Manajemen Waktu
Manajemen waktu sama halnya dengan mengatur diri sendiri dan setiap waktu pasti dimulai dari detik dan yang paling kita tidak sadari adalah detik - detik yang sudah berlalu, dertik itu tidak akan kembali lagi. Dalam menjalankan kehidupan sehari – hari jarang kita menjumpai manajemen waktu. Manajemen waktu begitu amat penting, suatu manajemen lain tidak akan berdiri tegak dan kokoh jika individu tidak tahu menahu tentang manajemen waktu.
·        Manajemen Keuangan
Bagaimana cara individu mengelola keuangan dalam hidup atau cara individu memilih mana yang kebutuhan primer, sekunder, dan tersier untuk kelancaran  hidup dan memperoleh cita atau tujuan hidup.


·        Manajemen SDM
Manajemen  SDM ( sumber daya manusia ) menurut saya cukup penting dalam manajemen diri, karena bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya ( tenaga kerja ) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secra maksimal sehingga tercapai tujuan.


Dalam memanej diri sendiri tentu individu harus mampu mengelola mulai dari hal yang paling sederhana, bila sudah mencoba dari hal yang paling kecil tentunya akan terbawa dan akan menjadi suatu hal yang terbiasa. Hal yang paling kecil menurut saya adalah manajemen diri dalam keseharian kita menjalankan aktifitas.
Agar hidup kita lebih dapat bermanfaat, maka kita harus mampu mengelola kehidupan dan waktu pribadi dengan optimal yakni melalui beberapa cara seperti :
1.      Siapkan daftar seluruh aktifitas sehari – hari
2.      Daftar aktifitas dibuat seringkas mungkin agar mudah diingat
3.      Tntukan wajtu yang memadai bagi setipa aktifitas dan pastikan permulaan dan akhirnya
4.      Jadikan daftar aktifitas itu fleksibel yaitu dapat dihapus atau ditambah jika diperlukan
5.      Sediakan awktu untuk kejadian tak terduga diagenda harian
6.      Segeralah memanfaatkan sebagiab aktifitas panjang untuk merealisir aktifitas pendek

Ketika individu tidak mampu mengelola dirinya sendiri tentu ada beberapa sebab – sebab ketidakteraturan dan ketiadaan manajemen diri dalam hidup. Sebab tesebut antara lain :
Ø  Tidak adanya tujuan dan target yang spesifik
Ø  Tidak adanya kesungguhan dalam menggunakan waktu dan terjebak pada urusan – urusan yang sepele
Ø  Tidak mampu membedakan antara sesuatu yang penting dn sesuatu yang tidak penting
Ø  Buruknya scheduling aktifitas dengan mendahulukan dari waktunya yang sesuai
Ø  Pengulangan aktifitas yang lebih dari sekali
Ø  Mengerjakan pekerjaan tanpa persiapan dan planning
Ø  Tidak mampu mengambil pelajaran dari kejadian sebelumnya

Adapun pengaruh yang besar ketika seseorang mampu mengelola dirinya sendiri dengan baik. Kita akan mendapatkan banyak pengaruh positif apabila kita mampu mananej urusan kita dengan diri sendiri dan orang lain.
Pengaruh untuk kita pribadi yang akan kita dapatkan antara lain, dalam menjalankan pekerjaan dan tugas yang dituntut tepat waktu secara mudah tanpa ada kesulitan, disiplin dalam segala urusan dan tidak ada kerancuan dalam jadwal waktu. Menghemat waktu, tenaga, dan biaya serta dapat mewujudkan hasil yang terbaik, meminimalisir terjadi hal – hal yang tidak diinginkan dan mengoptimalkan berbagai potensi yang ada.
Selain untuk diri kita sendiri ketika kita bisa manajemen diri, tentunya masih ada pengaruh yang kita dapatkan dilingkungan keluarga dan lingkungan kerja. Pengaruh dilingkungan keluraga saat kita pandai mananej diri kita yakni, dapat berfikir lebih baik dan bekerja lebih cepat untuk menghadapi berbagai kondisi darurat, ketenangan dan keserasian, memenuhi berbagai komitmen kelurga dan orang lain, ketika kita sudah punya anak kita dapat membimbing anak – anak kita untuk menentukan tujuan hidup dan mengahargai waktu dan meminimalisir masalah – masalah yang ada dalam keluarga.

Pengaruh manajemen diri pada dunia kerja yang nantinya akan kita tempuh antara lain menempatkan sesuatu pada tempat yang tepat, keteraturan dapat meningkatkan semangat kerja dan dapat mengefisiensi waktu yang kita jalankan.
Keterangan  diatas menyimpulkan betapa pentingnya kita dalam mananej diri sendiri untuk menjalankan aktifitas kita sehari – hari dalam kehidupan ini. Manajemen diri dan manajemen waktu adalah pondasi yang kuat dan landasan  dasar untuk individu manjalankan hidup secara teratur. Mulailah dari hal yang paling kecil, bila belum dimulai mulailah dari detik ini karena tidak ada kata terlambat untuk mencoba.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar