Senin, 10 Januari 2011

Public Speaking dan Teknik Presentasi

PUBLIC SPEAKING


Pada umumnya seseorang yang belum terbiasa berbicara didepan orang banyak akan merasa gugup, gemetar, berkeringat dingin, gelagapan, salah tingkah, demam panggung,dll. Semua orang dapat berbicara, tetapi tidak semua orang dapat berbicara dengan lancar dan menarik didepan umum. Public Speaking merupakan jembatan utama dalam meniti karier dalam perusahaan, kehidupan yang harmonis, atau sampai menyelesaikan masalah. Public speaking merupakan ilmu yang paling berharga, karena dengan kemampuan public speaking seseorang akan mudah mencapai kesuksesan. Tanpa public speaking yang handal proses menyelesaikan masalah dengan menghindar seoptimal mungkin kontak fisik akan sangat sulit didapatkan.
Kemampuan berbicara didepan umum tidaklah dimiliki setiap individu karena kemampuan public speaking berkaitan erat dengan citra pribadi seseorang. Biasanya individu yang memiliki kemampuanberbicara didepan umum dapat dimiliki karena adanya bakat dengan menjalani pelatihan – pelatihan, tetapi bisa juga secara spontan dalam situasi darurat namun ini biasanya bersifat sementara.
Public speaking begitu penting, karena setiap hari secra normal seseorang akan mengeluarkan puluhan ribu kata dan 80 persen apa yang dikeluarkan akan mempengaruhi kehidupan orang tersebut. Di era ini, setiap hari di segala bidang kehidupan ( keluarga, relasi bisnis, organisasi, hubungan antar sesame, hubungan percintaan ) tidak akan lepas dari yang namanya berbicara dua arah. Semakin terampil seseorang dalam berbicara akan semakin menunjukan kualitas kecerdasan dan akan mendapatkan penghargaan dari  komunitas dan lingkungan sekitarnya.
Adapun tujuan dari public speaking, public speaking adalah keterampilan yang dapat dilatih, dipraktekan, dan dimanfaatkan untuk memberi manfaat sesuai denagn kebutuhan audience atau khalayak antara lain untuk menyampaikan informasi, memotivasi, membujuk dan mempengaruhi orang lain, mencapai saling pengertian dan kesepakatan, meraih promosi jabatan, dalam perusahaan dapat mengarahkan kerja para staf, dapat meningkatkan penjualan produk atau meriah keuntungan bisnis dan membagikan pengetahuan yang dimiliki seseorang. Kita dapat melatih public speaking dalam kegiatan – kegiatan seperti pidato resmi, lauching produk, meeting atau rapat, acara arisan, presentasi, forum diskusi, siding skripsi, kegiatan mengajar, ceramah, kegiatan – kegiatan tersebut dapat mengasah potensi dalam diri kita untuk melancarkan berbicara didepan umum dihadapan khalyak banyak. Setiap orang ingin meningkatkan kualitas hidup, meraih sukses lebih tinggi , mempunyai hasrat untuk berbagi ilmu yang ia miliki dengan sesame sudah seharusnya menterampilkan kemampuan berbicara didepan umum.

Presentasi sebagai alat komunikasi karena presentasi merupakan alat yang tangguh dalam usaha untuk menyampaikan laporan atau keterangan mengenai apa saja yang merupakan tanggungjawab seseorang. Presentasi juga dapat digunakan untuk menunjukan kemampuan, karena dari cara seseorang memberikan presentasi dapat dinilai seberapa jauh individu tersebut menguasai bidang yang dikelola. Presentasi mungkin bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan, terutama untuk para pemula yang bellum mempunyai pengalaman presentasi.
Adapun  hal – hal khusus yang perlu diperhatikan dalam suatu presentasi antara lain adalah :
·        Mempersiapkan diri sehingga sikapnya akan menunjang pembawaan presentasinya
·        Mempersiapkan materi presentasi sehingga menarik perhatian orang – orang yang akan dituju
·        Menggunakan teknik –teknik khusus agar presentasi mencapai maksud yang dituju
·        Mengenali masalah – masalah dalam memberikan presentasi dan bagaimana menggulanginya
·        Pada saat presentasi usahakan dating lebih awal
·        Gunakan waktu seefesien mungkin
·        Gunakan pakaian yang sopan dan rapih
·        Kenali audience yang hadir sehingga bisa lebih akrab dengan menyebutkan nama
·        Bagi pandangan kita kesemua audience
·        Sebisa mungkin untuk tidak membicarakan hal yang tidak mungkin dan yang audience tidak mau dengar
·        Bicaralah dengan lugas dan tegas, atur intonasi suara ( jangan kebesaran juga jangan kekecilan )
·        Dan terakhir jangan banyak bergerak karena akan menggangu konsentrasi audience

Keberhasilan dari sebuah presentasi adalah kita mengerti betul tentang isi yang akan dipresentasikan sehingga pada saat menjelaskan tidak terbata -  bata atau kebingungan sendiri. Untuk itu pahami betul isi dan lakukan persiapan yang matang karena tujuan presentasi adalah untuk membuat para audience mengerti dan memahami serta tertarik dari isi presentasi yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar