Senin, 10 Januari 2011

Soft Skill

Pentingnya Soft skill dalam dunia kerja ,,,,,,,,

Soft skill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain termasuk dengan dirinya sendiri. Soft skill mempunyai atribut antara lain meliputi nilai yang dianut, motivasi, perilaku, kebiasaan, karakter dan sikap. Atribut soft skill ini dimiliki oleh setiap individu dengan kadar yang berbeda – beda, dipengaruhi oleh kebiasaan berfikir, berkata, bertindak,dan bersikap. Namun atribut ini dapat berubah jika yang individu tersebut mau merubahnya dengan cara berlatih dan membiasakan diri dengan hal – hal yang baru.
Soft skill juga bisa diasah dan ditingkatkan dengan cara mengikuti pelatihan – pelatihan maupun seminar – seminar dan satu cara yang ampuh untuk meningkatkan soft skill adalah dengan berinteraksi dan melakukan aktifitas dengan orang lain. Individu yang mempunyai soft skill yang baik tentu akan menjadi nilali tambah ketika berada di dunia kerja.
Pentingnya memiliki soft skill dalam dunia kerja karena setiap individu tidak akan dapat mengetahui secara pasti apa yang akan dihadapi esok hari.  Sehingga dengan memilikinya soft skill pada diri individu masing - masing akan dapat membantu setiap individu dalam memecahkan masalah yang abstrak dan segala kemungkinan - kemungkinan terburuknya. Soft skill dibutuhkan dalam semua keadaan atau situasi, untuk itu soft skill sangat menunjang setiap individu dalam menghadapi masalah – masalah dalam kehidupan.  Dengan kemampuan soft skill yang baik individu dapat mencari relasi atatu rekan untuk diajak bekerja sama. Individu dengan soft skill yang tinggi dan baik  dapat terlihat dari bagaimana  individu tersebut menyikapi suatu masalah. Tentunya individu yang memiliki soft skill yang baik akan disenangi oleh lingkungannya dan mudah diterima keberadaanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar